Round up Hari ke-69, Capres-cawapres Tampil Kompak di Debat Pamungkas

MEDIA DEMOKRASI, Jakarta - Hari ke-69 masa kampanye Pilpres 2024 bertepatan dengan debat pamungkas yang diselenggarakan oleh KPU RI, Minggu, di mana ketiga pasangan calon presiden dan wakil presiden tampil kompak di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

Debat Kelima Capres Pemilu 2024 mengusung tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, serta kesejahteraan sosial dan inklusi.

Berikut rangkuman kegiatan capres dan cawapres pada hari ke-69 masa kampanye untuk kembali Anda simak.


Anies-Muhaimin

Calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar tampak kompak mengenakan setelan jas saat mendatangi lokasi debat kelima di JCC Senayan, Jakarta.

"Selama lebih dari satu tahun, kami harus berinteraksi dengan tema apa pun, dari tema kemaritiman sampai tema pertahanan dan tema luar negeri. Jadi, ini adalah tema yang sangat penting untuk rakyat Indonesia karena tujuan kesejahteraan yang paling utama untuk kita raih," kata Anies sebelum debat di kediamannya di Jakarta Selatan, Jakarta.

Sepanjang debat kelima itu, Anies sering menyebut kata "bantuan sosial" (bansos) dan "perempuan". mencatat Anies menyebut kata "bansos" dan "perempuan" masing-masing sebanyak 10 dan sembilan kali.


Prabowo-Gibran

Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto memilih tidak kampanye untuk mempersiapkan diri mengikuti debat kelima. Di sela-sela persiapannya, Prabowo juga menyempatkan diri untuk berolahraga rutin, yakni berenang.

Sementara itu, calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka mengawali kegiatannya di Jakarta dengan mengendarai sepeda motor bersama istrinya, Selvi Ananda, dan sejumlah artis dari kawasan Senayan menuju Kemang, Jakarta Selatan.

Pada sore harinya, Gibran mendatangi kediaman Prabowo untuk bersama-bersama berangkat ke JCC. Setibanya d JCC, Prabowo dan Gibran tampak kompak mengenakan jaket berwarna putih dan biru.

Dalam debat itu, "makan gratis" menjadi kata yang paling sering disebut oleh Prabowo. mencatat Prabowo menyebutkan kata "makan gratis" sebanyak delapan kali.

Selain kata makan gratis, "internet gratis" juga disebutkan sebanyak delapan kali oleh Prabowo.


Ganjar-Mahfud

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengawali hari dengan menyantap mi ayam di gerobak milik Sutoyo di kawasan Sudirman, Jakarta, usai berolahraga di hari bebas kendaraan bermotor (CFD). Setelah itu, Ganjar fokus mempersiapkan diri untuk menghadapi debat.

Sementara itu, calon wakil presiden Mahfud MD melanjutkan kampanye dengan menyapa masyarakat di Jawa Timur dan Kepulauan Riau.

Mahfud mulanya mengikuti Fun Walk Partai Hanura di Pasuruan, Jawa Timur lalu bertolak ke Batam untuk berkampanye akbar di Stadion Temenggung Abdul Jamal.

Setelah itu, Mahfud kembali ke Jakarta. Dia kemudian bertemu dengan Ganjar di Markas Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud di Gedung High End, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, untuk berangkat bersama ke lokasi debat.

Di debat pamungkas itu, Ganjar dan Mahfud kompak mengenakan jaket berwarna putih dan hitam. Di bagian belakang jaket yang dikenakan Ganjar terdapat tulisan "sat-set", dan tulisan "tas-tes" pada jaket yang dikenakan Mahfud.

Pada debat tersebut, Ganjar banyak menyebutkan soal bansos, gizi, hingga kekerdilan pada anak atau stunting. mencatat Ganjar mengucapkan kata "bansos", "gizi", dan "stunting" masing-masing sebanyak enam kali. (ANT)

Redaksi
74

Featured News

Official Support

Jalan G Obos IX No. 26 Kota Palangka Raya

081351921771

mediademokrasi@gmail.com

Follow Us
Foto Pilihan

Copyright © 2020 Media Demokrasi All rights reserved. | Redaksi | Pedoman Media Cyber | Disclimer