Indonesia vs Kamboja, Menang dengan Margin 2 Gol Lebih

MEDIA DEMOKRASI, Singapura - Indonesia mengawali laga perdana Grup B Piala AFF, kontra Kamboja pada Kamis (9/12/2021) di Bishan Stadium, Singapura. Ternyata, bukan cuma kemenangan yang dibidik Evan Dimas dkk. 

Di fase grup, faktor gol bisa jadi krusial. Selisih gol yang sehat sangat diperlukan, sebab hanya 2 tim yang lolos ke babak semifinal. Kamboja dikalahkan 1-3 pada laga pertana mereka kontra Malaysia.

Tim Negeri Jiran itu jadi salah satu favorit semifinalis, selain juara bertahan Vietnam dan Indonesia. Abdul Rashid dkk surplus 2 gol. Begitu pula Vietnam, yang "hanya" menang 2-0 atas Laos. 

Rekor pertemuan berpihak pada tim Garuda. Dari 5 laga terakhir, Indonesia selalu menang atas Kamboja dengan margin minimal 2 gol, sisanya 4 dan 6 gol. 

Meski pelatih Shin Tae-yong sudah mencium aroma kemenangan, ia menekankan pada pemainnya agar waspada dan tak anggap enteng lawan. 
 
Faktanya, armada Ryu Hirose itu memang kalah 1-3 dari Malaysia, namun unggul dalam sejumlah segi statistik.

Tim berjuluk The Angkor Warriors mendominasi pertandingan dengan penguasaan bola 54 persen, 394 passing berbanding 324, dan 27 tekel berbanding 22.

"Saya menonton laga Kamboja melawan Malaysia. Mereka sangat baik. Kami harus lebih menekan untuk mengambil penguasaan bola," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers virtual pasca-laga, Rabu (8/12/20210).

Minus 5 Pemain 

Saat melawan Kamboja, 5 pemain  Indonesi absen, yakn Egy Maulana Vikri, Nadeo Argawianta, Rizky Ridho, Rizky Dwi Febrianto, dan Ernando Sutaryadi MMerea masih dibutuhkan oleh klub sebelum dilepas ke timnas.

Shin Tae-yong juga kemungkinan tidak akan memaksakan Elkan Baggott (19) untuk bermain. Bek kokoh itu baru tiba di Singapura pada H-1 sebelum menghadapi Kamboja. 

"Baggott tidak akan menjadi pemain utama. Dia akan di bangku cadangan atau saya istirahatkan," papar Shin Tae-yong.

Kubu Kamboja siap tempur. "Kami akan menerapkan taktik dan skema yang sudah kami persiapkan. Kami mewaspadai penyerang tengah dan sisi kanan Indonesia. Jika kedua itu bekerja dengan baik akan sangat berbahaya," ucap Ryu Hirose.

Pelatih asal Jepang Itu akan kembali bergantung pada Chan Vathanaka. Penyerang yang pernah berkiprah di Malaysia itu telah membukukan 17 gol dalam 46 penampilan bersama Kamboja.

Laga ini akan ditayangkan secara langsung oleh RCTI dan I-News pukul 19.30 WIB. (SN)

 

Indonesia (4-1-4-1) :
Muhammad Riyandi; Asnawi Mangkualam, Ryuji Utomo, Fachrudin Aryanto, Pratama Arhan; Rachmat Irianto; Irfan Jaya, Evan Dimas, Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman; Ezra Walian

Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan)


Kamboja (4-3-3):
Keo Soksela; Ken Chansopheak, Soeuy Visal, Sambath Tes, Meng Cheng; Sos Suhana, Om Chanpolin, Kouch Sokumpheak; Sieng Chanthea, Chan Vathanaka, Lim Pisoth

Pelatih: Ryu Hirose (Jepang)

Redaksi
1300

Featured News

Official Support

Jalan G Obos IX No. 26 Kota Palangka Raya

081351921771

mediademokrasi@gmail.com

Follow Us
Foto Pilihan

Copyright © 2020 Media Demokrasi All rights reserved. | Redaksi | Pedoman Media Cyber | Disclimer